STEAK CRISPY DAGING SAPI ALA WSS ANTI GAGAL

Yang hobi makan steak yuk kita bikin snediri di rumah. Ternyata bikinnya tidak susah dan yang pasti hasilnya gak kalah dengan steak WSS ( Waroeng Steak & Shake). Crispy dan renyah diluar sementara itu dagingnya empuk, juicy dan gurih. Yummy….. Dan yang paling keren nih, asal mengikuti step-by-step dari resep masakan ini dijamin deh anti gagal, bahkan buat para Newbie di dunia masak-memasak sekalipun. Yang penasaran yuk diklik di masing-masing gambar. Silahkan klik share untuk menge-save resep ini secara otomatis.


BAHAN-BAHAN:
5-6 Daging sapi bagian sirloin / tenderloin masing-masing kira-kira seberat 50-100 gram iris tipis melebar. Daging bisa diganti dengan dada ayam tanpa tulang yang diiris pipih melebar.
Agar daging empuk lumuri dengan jeruk nipis, diamkan selama kurleb 30 menit. Lalu cuci bersih dan daging siap diolah. Pipihkan daging, biasanya saya menggunakan ulekan batu hingga permukaan daging menjadi sama rata. Setelah pipih, sisihkan.
NOTE: Sebenarnya ini daging sapi yang seharusnya kurang bagus buat steak, maklum cuma daging sisa di freezer.
Lalu daging seperti apa yang bagus buat steak?

DAGING yang bagus buat steak itu bagian rib (rusuk sapi), Strip (tengah-belakang rusuk sapi), Tenderloin yaitu bagian tengah rusuk di dekat otot besar tepat di depan panggul sapi, lalu bagian T-bone (Ujung depan rusuk. ). Juga ada sirloin yaitu daging yang terdapat pada bagian dekat belakang sebelum kaki belakang.
 


MARINADE :
2 sdm. saus sambal (jika suka)
1 sdm Saus Tiram, 3 siung bawang putih (dihaluskan)
setengah sdt. merica bubuk
1 sdm. saus tomat
Campurkan semua bahan. 


Kemudian daging tadi kita olesi dengan bumbu marinade tersebut diatas hingga merata sambil di tekan-tekan. Diamkan dan simpan di kulkas biar bumbu meresap selama 30 menit.

Sementara bumbu meresap yuk kita siapkan Setup sayuran dan crispynya:


SETUP SAYURAN:
5 buah kentang, potong serasi dengan wortel dan buncis
100 gram buncis, potong panjang
2 buah wortel, potong panjang
1 Bonggol Brokoli Hijau atau bisa diganti dengan bunga kol, pisahkan kuntum brokoli/bunga kol dari bonggolnya.
1 Jagung muda, pipil jagung dari tongkol.
1 Bawang bombay n potong memanjang atau model ring.
Mentega, bubuk merica, garam secukupnya.


CARA MEMBUAT SETUP SAYUR: Biasanya kan Cuma direbus aja terus disajikan. Nah kalau saya sih biasanya lebih suka menumisnya. Pertama-tama sayuran yang sudah dipotong-potong di rebus sebentar dalam air mendidih yang diberi sedikit garam. Agar tetap terlihat segar setelah direbus segera di masukan ke air es, lalu tiriskan.
Untuk kentang biasanya saya goreng (tapi jangan terlalu kering yah). Kemudian ambil margarin secukupnya, panaskan. Lalu masukan bawang bombay. Setelah harum, masukan sayuran dan bumbu. Aduk hingga merata, tidak perlu lama-lama langsung diangkat saja yang penting bubuk merica dan garam sudah merata. Sisihkan.
Nah sekarang yuk bikin steak Crispynya…


BAHAN CRISPY:
150 gram tepung terigu "Cakra Kembar"
1 sendok makan tepung maizena
2 butir telur, kocok lepas
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh bumbu kaldu rasa ayam dan garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng


CARA MEMBUAT STEAK CRISPY: Guling daging ke campuran tepung terigu yang sudah diberi merica bubuk, garam, dan kaldu bubuk. Lalu celupkan ke kocokan telur, kemudian gulingkan kembali ke tepung terigu berbumbu, sambil dicubit-cubit biar bisa keriting.

Goreng di minyak yang panas sampai setengah matang, tiriskan dan dinginkan gorengan yang setengah matang tadi. Setelah dingin kita bisa menggoreng lagi hingga kuning kecoklatan.
Kenapa digoreng 2 kali? Karena gorengan yang setengah matang tadi jika kita goreng ulang setelah membiarkannya dingin membuat hasil gorengan menjadi lebih krispy dan renyah. Lebih renyah lagi kalau sudah disimpan di freezer.


NOTE: Steak setengah matang ini bisa disimpan di freezer dalam jangka waktu yang lama. Bisa tahan 2 bulan lho. Jadi, kalau kita ingin membuat steak, tinggal membuat saus dan setup sayurnya saja sementara dagingnya sudah siap di freezer.
 
 
 
 
 
 


 BUMBU SAUS:
1 buah bawang bombay, cincang halus
1 sdt. merica bubuk
4 siung bawang putih, cincang halus
Minyak goreng untuk menumis bisa diganti margarine/blue band
2 buah tomat, rebus, buang biji dan kulit, haluskan.
4 siung bawang merah, cincang halus
200 ml air/ kaldu
1 sdm. tepung terigu / maizenna
5 sdm. saus tomat
1 sdm saus tiram
Stengah sdm. gula pasir
1 sdt. garam
Setengah sendok teh penyedap rasa (jika suka)


Cara Membuat SAUS: Tumis bawang bombay, bawang merah dan bawang putih sampai matang dan harum. Masukan tomat yang sudah di haluskan, air dan bumbu-bumbu lain, tambahkan gula pasir, aduk sampai mengental. Agar kental, tambahkan maizena/ terigu yang dicairkan. Kadang-kadang juga saya tambahkan susu bubuk 2-3 sdm. Ini membuat rasa saus menjadi lebih kuat dan nendang

SERVING: Sajikan Steak dengan setup sayuran dan siram Saus.
Buat kamu yang suka Sea food (Cumi dll), atau udang juga bisa mengaplikasikan resep ini lho.. Tinggal diadaptasi aja. Oke semoga bermanfaat.
 


[https://www.facebook.com/dapurdidowardah] 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "STEAK CRISPY DAGING SAPI ALA WSS ANTI GAGAL"

Poskan Komentar