SUKA MENJEMUR PAKAIAN di Dalam Rumah, TERNYATA SANGAT BERBAHAYA. Ini Penjelasannya!

Menjemur pakaian di dalam rumah mungkin jadi kebiasaan yang jamak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, utamana anak kos-kosan. Musim hujan adalah salah satu penyebabnya, terbatasnya intensitas sinar matahari membuat kita memilih menjemur pakaian di dalam rumah saja.

Masalahnya, menjemur di dalam rumah tentu kurang baik, suasana terasa kurang nyaman dan lembab, selain memancing datangnya nyamuk (bukan nyamuk nakal) juga bisa memicu perkembangbiakan jamur, salah satunya Aspergillus Fumigatus. Pakaian yang dijemur dapat meningkatkan kelembaban dalam ruangan mencapai 30 persen.


gudanginfo.net - Bahaya Jemur Pakaian Dalam Rumah

Jamur Aspergillus selama ini diketahui dapat mengganggu tenggorokan, menyebabkan sinus, menbahayakan paru-paru, hingga menyebabkan batuk darah.

Para ahli khawatir jamur aspergillus ini berkembang biak sangat banyak di udara lembab. Jangan disepelekan, jamur jenis ini memang tidak menimbukan penyakut kulit seperti kadas atau kurap, melainkan dapat menyebabkan infeksi pada paru-paru.

Sebagaimana disampaikan oleh Profesor David Denning bersama timnya dari National Aspergillosis Centre di Manchester, pakaian basah mengandung hampir dua liter air yang dilepaskan ke dalam ruangan.

Kebanyakan orang memang bisa kebal terhadap jamur yang tumbuh dalam kondisi lembab atau tubuhnya dapat melawan infeksi. Namun, tidak demikian bagi orang yang memiliki asma dan sistem kekebalan tubuhnya lemah.

ia menjelaskan lebih rinci bahwa "Pada penderita asma bisa batuk-batuk dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah seperti pasien kanker yang menjalani kemoterapi, pasien AIDS dan orang yang memiliki penyakit auto imun, bisa terkena aspergillosisoo paru."

Denning menyarankan agar pakaian basah dikeringkan di luar rumah atau gunakan mesin pengering. Dalam lingkungan rumah tangga mungkin sudah tersedia mesin cuci yang sepaket dengan mesin pengering. Namun masalahnya, bagaimana dengan anak kos?

Jika terpaksa harus di dalam ruangan, pilihlah yang jauh dari kamar tidur dan ruang tamu.

 Silahkan dishare agar banyak yang tahu....

[klikmanfaat]

Subscribe to receive free email updates: