Tersiksa Oleh Gatal Jamur di Pangkal Paha, Jangan Sampai Salah Metode Pengobatan Karena Dapat Menjadi Semakin Parah dan Menyiksa


Apakah Anda mengalami gatal pada bagian selakangan atau pangkal paha yang biasa di sebabkan oleh alergi, ataupun karena jamur yang timbul karena kurangnya menjaga kebersihan badan dan pakaian. Dan pada kondisi yang sudah lumayan parah akan mengakibatkan bekas luka garukan berwarna hitam dan kulit akan menebal sehingga susah untuk di obati, sangat disarankan untuk segera melakukan penangnan karena jika sudah menjadi gatal menahun akan semakinsulit untuk di sembuhkan.

Tinea cruris atau yang biasa disebut dengan jock itch adalah infeksi fungi atau jamur yang menjangkiti kulit di bagian paha dalam,  dan bokong sebagai penyebab munculnya ruam berwarna merah yang biasanya berbentuk lingkaran dan terasa gatal.

Tinea cruris biasa menjangkiti orang-orang yang banyak mengeluarkan keringat, seperti atlet, namun banyak diderita juga oleh orang-orang yang mengalami obesitas. Penyakit ini bukanlah penyakit yang serius, namun sering menimbulkan rasa gatal yang mengganggu dan membuat tidak nyaman.
Pengobatan tinea cruris sebenarnya sangat mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan salep atau obat antijamur dan menjaga bagian pangkal paha untuk tetap dalam kondisi yang kering dan bersih.

Gejala Penyakit Gatal Selangkangan

Biasanya dimulai dengan area kulit memerah yang menyebar keluar dari lipatan di pangkal paha dalam bentuk setengah bulan ke paha atas. Batas ruam dapat terdiri dari garis kecil, mengangkat lecet. Ruam sering gatal kadang perih, dan kulit mungkin bersisik atau menebal.

Penyebab Penyait Gatal Selangkangan

Gatal diselakangandisebabkan oleh sejenis jamur yang dapat menyebar dari orang ke orang atau dari penggunaan bersama handuk atau pakaian yang terkontaminasi. Umumnya infeksi menyebar dari kaki ke pangkal paha, karena jamur dapat menyebar melalui tangan atau handuk.

Selain itu, menjaga kondisi fisik tetap bersih dan sehat, adalah salah satu cara untuk mencegah timbulnya gatal-gatal pada selangkangan maupun daerah lain pada tubuh. Daya tahan tubuh yang lemah memudahkan penyakit menyerang
termasuk jamur atau bakteri penyebab gatal.

Jika memang sudah terlanjur terkena gatal memang agak sedikit sulit cara penanganannya, meski tidak berarti tidak bisa disembuhkan. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda coba :

Tips Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

  • Mencuci pangkal paha dan pantat dan sekitar dubur dengan air sabun setelah olahraga yang mengeluarkan keringat berlebihan.
  • Cara lain untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan paha dengan menggosokkan daun sirih pada permukaan kulit yang gatal, anda juga dapat mengekstrak daun sirih sebagai bahan bilas pada lipatan kulit anda. Mandi minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun antiseptik untuk mengurangi pertumbuhan bakteri ataupun jamur pada selangkangan. Perhatikan selama proses penyembuhan, gunakan celana dalam yang mudah menyerap keringat agar kulit pada pangkal paha tidak lembab.
  • Gunakan pakaian bersih dan selalu mengganti pakaian dalam terutama jika pakaian tersebut dalam keadaan lembab oleh keringat.
  • Menjaga nutrisi makanan untuk meningkatkan imun tubuh agar mampu melawan segala mikroorganisme yang dapat merusak kesehatan kulit kita.
  • Hindari makanan atau pantangan yang bisa membuat gatal-gatal pada selangkangan timbul.
  • Jangan menggunakan celana dalam ketat atau sempit, karena hanya akan membuat kulit lipatan paha anda panas dan mengeluarkan keringat
  • Menjaga kebersihan kulit terutama pada selangkangan dan daerah lipatan lainnya.
  • Sembukan segera penyakit gatal anda, anda akan semaki percaya diri, karena semua penyakit pasti ada obatnya 

Kapan harus ke dokter?

Jika gejala tidak membaik setelah dua minggu perawatan, Anda harus kontrol ulang ke dokter.Siapa tahu ada infeksi sekunder yang membuat penyakit menjadi lebih buruk sehingga memerlukan pengobatan tambahan.

Jika diperlukan dokter akan meresepkan obat antijamur yang lebih kuat, seperti:

  • ekonazol, obat jamur topikal (krim)
  • oxiconazole, obat jamur topikal (krim) 
  • itrakonazol, obat jamur oral atau minum 
  • flukonazol, obat jamur oral atau minum

Obat antijamur oral dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan, seperti sakit perut dan sakit kepala. Oleh sebab itu, apabila Anda mengalami efek samping ini, pastikan untuk membicarakannya dengan dokter agar diberikan solusi yang tepat.


Sumber : http://www.haiwanita.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tersiksa Oleh Gatal Jamur di Pangkal Paha, Jangan Sampai Salah Metode Pengobatan Karena Dapat Menjadi Semakin Parah dan Menyiksa"

Poskan Komentar